Tugas Kuliah : Peluang Bisnis Buku Tahunan Sekolah


Abstrak

Zaman semakin berganti, generasi baru mulai berkembang, seragam sekolah pun berubah.. yang tadinya pasif jadi akif. 
Siapa sih yang gak kangen masa-masa sekolah dulu? Pasti serukan kalu bisas kumpul bareng lagi, liat-liat foto jadul pas masih sekolah atau deketin cewek/cowok yang dulu kalian suka *ceilaaah.
Nah seperti janji saya pada post sebelumnya, pada postingan kali ini saya akan mmbahas tetang atau seputar Buku Tahunan Sekolah atau sering juga di sebut Year Book! 
Isi dari year book biasanya berupa foto group tiap kelas, kadang ada konsep foto yang unik dan lucu.

Isi

DiJogja sendiri year book organizer mulai banyak seperti : AbankIrenk, Creatia, Indie, dan masih banyak yang lainnya. 
(Wah berarti berat donk saingannya) 
Ah nggak juga.. kalian masih bisa bersaing dalam segi kualitas foto, buku dan konsep. Dulu saya pernah magang di AbankIrenk dan takjub dengan puluhan sekolah yang memakai jasa mereka.
Walaupun bisnis ini mekar hanya saat mendekati tahun ajaran baru namun bisnis ini masih sangat meyakinkan, kenapa demikian? dalam 1 sekolah/project rata-rata teradpat 200 siswa, dan harga kotor bukunya >150.000 alhasil omzet nya dapat mencapai 10juta keatas tergantung pesanannya. ckckck

Untuk saya sendiri bisnis ini masih menjadi PR karena dalam menajalankannya butuh beberapa orang seperti fotografer, project leader dan edittor. Target saya akhir tahun ni paling tidak bisa memegang >3 sekolah. *eh malah cerita*

Lanjut ke topik awal, oke jadi modal apa saja sih yang perlu kita punya untuk menjelajahi bisnis ini :
  • Tim Kerja
Tim kerja disini terdiri dari Fotografer, Crew, Edittor dan tim Kreativ, namun jika masih kecil kecilan hannya butuh fotografer dan edittor saja. Fotografer mengambil gambar lalu edittor mendesain layout dan cover buku tahunan tersebut.
Setelah itu survei ke beberapa percetakan dan buatlah price list tiap percetakan, lalu tentukan biaya lainnya seperti penyewaan alat dan akhirnya tentukan harga fix tiap bukunya.
oiya, buat juga daftar pembagian gaji atau bagi hasil tiap tim sehingga mereka pun puas dengan kerja mereka.

Kreativitas kita diuji dalam menggeluti bidang ini, buatlah konsep se apik mungkin sehingga para siswa dan sekolah puas. Kalau mereka puas bisa jadi tahun depan akan memakai jasa kalian lagi. 




13 comments:

  1. Aih... ternyata ini blog milik faiq. I got it i got it xD

    ReplyDelete

Berkomentar lah sesuai etika :)
...

Terimakasih

Welcome!

Hai, Selamat datang diblog yang sederhana ini semoga bermanfaat :) saya juga menyediakan jasa fotografi untuk wilayah DIY khusus pelajar dan mahasiswa dengan harga yang sangat terjangkau.
contact:
089 688 279 482
khusna.faiq97@gmail.com

About Me

About Me
Khusna Muh Faiq | 18 April 1997 | SD Muh Kr.Wr - SMP Muh 3 Yk - SMSR Yk - STMIK Amikom Yk | Hobby Fotografi - Graphic Design - Blogging | Yogyakarta |
Design By Kangpret